Between Istighfar and Hamdallah

Now it’s a new life of me, no more sins, no more pain, no more think about something absurd that’s make me insomnia anymore. hmmmmm i hope so, at least slightly reduced. Because of that i will discuss impact between istighfar and hamdallah in my life in the past year actually.

Istighfar biasa di bacakan (untuk orang islam) pada setelah sholat ataupun saat berdzikir, istighfar mempunyai makna memohon ampun pada sang pencipta Allah SWT dan berupaya untuk tidak mengulanginya lagi (intinya seperti itu).

Sedangkan Hamdallah adalah bacaan yang mempunyai makna bersyukur atas apa yang telah di berikan Allah SWT kepada hambanya, (setidaknya itu yang saya mengerti).

Pada satu tahun terakhir saya lebih memilih mengucapkan lebih banyak Istighfar dibandingkan Hamdallah saat berdzikir maupun sholat fardhu perbandingannya bisa di bilang 1:2. Hal itu di lakukan karena apa yang saya lihat hanyalah kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan dan salah satu cara untuk mendapatkan ampun dari-Nya adalah mengucapkan Istighfar. Istighfar yaaa istighfar astaghfirulloh hal adzim, kata itulah yang selalu saya sebutkan untuk menghilangkan rasa bersalah yang selalu ada di dalam tulang tengkorak orang bodoh ini .. .. Kata itulah yang selalu mengingatkan betapa banyaknya salah yang hamba perbuat baik kepada Allah SWT  maupun kepada sesama makhluk ciptaanya.

Tapi sekarang saya akan lebih banyak berdzikir dengan menggunakan Hamdallah, bukan untuk menyepelekan Istighfar dan sebagainya tapi dengan mencoba bersyukur atas apa yang telah saya punya dan apa yang telah saya dapatkan, sebab dengan membuka mata dengan apa yang sudah di miliki saya akan mengerti betapa banyaknya nikmat yang telah di berikan Allah SWT kepada makhluk yang tidak tahu terima kasih ini..  .. dan dengan tidak menghilangkan bacaan Istighfar saat berdzikir saya akan menambah bacaan Hamdallah yang tidak begitu saya sadari maknanya selama ini.🙂

Jadi tidak masalah bacaan mana yang akan di fokuskan selama anda menyadari apa makna dan menjadi makna apa dalam hidup anda lakukanlah dengan ketulusan dan keikhlasan.

Mohon bimbinganya jika ada salah kata

                           Wassalam

One thought on “Between Istighfar and Hamdallah”

Leave a Reply

